Workshop Basic Pentesting and Reporting

Tegalsec (komunitas non-profit berbasis di Tegal yang berfokus pada keamanan komputer) berkolaborasi dengan Durasi Trasa Coworking Space mengadakan workshop dengan tema Basic Pentesting and Reporting.

Dimulai 13.00 WIB pada hari Sabtu (19 Agustus 2023), workshop yang kali pertama digelar oleh Komunitas Tegalsec di Trasa Coworking Space ini dihadiri 15 peserta. 10 peserta baru, sedangkan 5 lainnya adalah member Tegalsec. Seluruh peserta tidak dikenakan biaya pendaftaran.

Materi workshop dibawakan oleh M Hasyim Asyari, seorang mahasiswa semester akhir,  web & mobile app programmer, serta punya passion dalam bidang cyber security (fokus pada bug bounty dan pentester.

Secara garis besar, materi yang disampaikan mencakup teknik dasar untuk mengidentifikasi dan mengeksplorasi kerentanan keamanan dalam aplikasi website dengan izin dan tujuan tertentu.

Pada permulaan sesi, peserta mendapatkan materi pengenalan penetration testing dan pentingnya keamanan aplikasi web dan risikonya. Lalu peserta dipandu untuk praktik langsung. Dalam sesi praktik, peserta diajak untuk mencoba melakukan penetration testing dengan metodologi dasar sebagai berikut:

  • Black Box Testing
  • Grey Box Testing
  • White Box Testing

Penasaran dengan materi apa saja yang diajarkan kemarin? Coba intip slide presentasinya di sini.

Siapa pun dapat mengikuti workshop ini. Modal utamanya adalah gak gaptek. “Kalo gak gaptek kan mudah mengikuti langkah demi langkah yang diajarkan pemateri.”, gitu kata Danang Avan Maulana (Leader Komunitas Tegalsec).

Pemateri menyampaikan bahwa pengetahuan dasar yang diperlukan agar peserta dapat melakukan penetration testing adalah sistem operasi, web server, web programming, dan web browser.

Avan sangat berharap Tegalsec dapat menggelar workshop yang berkelanjutan di Trasa Coworking Space.

Klik gambar untuk memperbesar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *